NEWS : Artikel bagus di sini

Kamis, 25 Oktober 2012

Tip Makan yang Sehat Bagi Wanita Sibuk



1. Makan cukup
Rasa lapar bisa mengurangi kemampuan kita bekerja, dan berujung pada meningkatnya stres. Camilan sehat bisa membantu mengurangi rasa lapar. Sempatkan diri menyiapkan camilan sehat dari rumah, untuk menghindari membeli camilan instan dan efeknya yang tidak sehat.

Jika camilan tidak mengenyangkan, pilih dengan baik apa yang akan Anda makan saat jam makan, ujar Jackie.

Supaya perut kenyang dan Anda bisa terus bekerja, dibutuhkan sejumlah protein dan serat dengan porsi yang cukup. Sumber protein yang baik antara lain daging, ikan, kacang, biji-bijian, kacang-kacangan, buncis, dan sejenis kacang. Makanlah dengan roti gandum, nasi atau pasta dan sayuran untuk melengkapi kebutuhan serat Anda.

Pilihan makan siang yang baik adalah, roti gandum isi ayam, bayam, dan avokad, atau kacang-kacangan dan sup tomat dengan roti gandum.

2. Sempatkan makan bubur
Kita semua tahu melewatkan sarapan akan membuat awal hari Anda buruk. Makan gandum untuk sarapan akan melepas energi secara perlahan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

Ada banyak pilihan makanan yang bisa dimasak di microwave dan jika Anda masih terlalu sibuk, pergilah ke tempat yang menyediakan bubur siap saji untuk sarapan. Tambahkan satu sendok penuh campuran penuh protein seperti labu, biji bunga matahari dan rami untuk tambahan manfaat kesehatan.

Jika Anda benar-benar sibuk makanlah semangkuk muesli di meja Anda, “Pastikan makanan tersebut memiliki 5 gram serat per porsi, bukan per 100 gram,” ujar Jackie.

3. Lawan sakit kepala dengan magnesium
Jika Anda sedang bekerja, jauhkan diri dari sakit kepala dengan cairan tubuh yang cukup, ujar Jackie, "Minumlah 5-6 gelas air setiap harinya. Teh herbal dan buah adalah cara bagus untuk menambah asupan cairan tubuh, tapi teh, kopi dan soda tidak bermanfaat, karena mereka bersifat diuretik.

Hati-hatilah karena beberapa makanan bisa memicu sakit kepala seperti cokelat, kafein, dan keju. Tukar makanan tersebut dengan bayam dan selada air, yang kaya magnesium dan vitamin B. “Anda juga bisa menambah salad sayur dengan roti isi saat makan siang atau kripik sayur dan hummus,” ujar Jackie.

4. Seimbangkan kadar gula darah
Gula bisa membuat kecanduan. Mungkin makanan Anda mengandung sejumlah gula yang membuat Anda ingin terus makan.

Makanan manis dan karbohidrat olahan (roti putih, makanan yang dipanggang, nasi putih, pasta putih) bisa membuat kadar gula darah Anda naik. Tubuh Anda akan merespon dengan membuang gula dari dalam darah dan menurunkan kadar gula darah.

Hal itu akan melepaskan hormon yang membantu menyeimbangkan keadaan dengan membuat Anda ingin makan makanan manis, kafein, alkohol dan karbohidrat, membuat mood Anda naik-turun. Hindari hal ini dengan memakan makanan yang melepas energi secara perlahan.

Rencanakan makan atau mengemil makanan ringan tiga jam sekali, sehingga kadar gula darah Anda tidak turun dan Anda tidak terlalu ingin makan yang manis. Makanlah buah, 4-5 kacang almond, kacang Brasil, hazelnut, atau kenari. Pilihan lainnya adalah selai kacang bebas gula dengan 1-2 kue gandum.

Jika Anda sangat ingin makanan manis, cobalah cokelat hitam dengan 80 persen kakao yang rendah gula. Coba juga minum teh dengan kayu manis untuk menekan rasa ingin makanan yang manis.

5. Jangan makan karena kebiasaan
Ketika waktu mendesak, sangat mudah untuk terjebak dalam kebiasaan makan yang tidak baik. Diet Anda harus bervariasi untuk memastikan Anda mendapat cukup nutrisi utama (protein, lemak, karbohidrat ) dan nutrisi pendukung (vitamin dan mineral) yang cukup untuk membuat Anda tetap sehat.

Salah satu kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan adalah memberi beberapa campuran pada sarapan Anda. Tambahkan satu porsi buah yang dipotong atau beri untuk serat, dan sesendok penuh biji labu mentah, biji bunga matahari dan biji rami tanah untuk Omega-3, protein, magnesium dan seng. Yoghurt tawar menambah prebiotik dan kalsium.

Untuk makan siang, ganti menu Anda. Cobalah ayam dengan selada dan lada, salmon dengan bayam dan bawang merah, atau hummus dengan salad dan tomat ceri.

Selalu konsumsi roti gandum utuh. Karbohidrat tidak boleh lebih dari seperempat porsi makan Anda untuk makan siang dan makan malam.

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

Share it

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More