NEWS : Artikel bagus di sini

Kamis, 23 Agustus 2012

STOP MENUNDA & SELESAIKANLAH PEKERJAAN ANDA !

  Ahli psikologis menyatakan, alasan Anda menunda-nunda dalam melakukan sesuatu adalah karena hal ini “terasa” nyaman bagi Anda. Ketika menunda, Anda menghindari resiko dan perubahaan, kemudian berbalik ke aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, yang memberikan Anda kepuasan singkat, saat itu juga. Tentu saja, perasaan puas ini hanya berlangsung singkat dan biasanya berakhir dengan perasaan bersalah, kecemasan, dan rasa malu pada saat Anda menyadari akan hal-hal yang belum terselesaikan oleh Anda. Sebenarnya, menunda juga bisa berakibat buruk pada kesehatan fisik Anda. Suatu penelitian menemukan, bahwa murid yang suka menunda ternyata memiliki daya tahan tubuh yang lemah, mudah terserang demam dan flu, begitu juga dengan masalah pada perut (misal: maag karena cemas). Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika Anda mengalami godaan untuk menunda? Berikut adalah tips dari Lifehack.org yang dapat Anda gunakan: 
 1. Buat Daftar Membuat daftar itu cukup menyenangkan dan lumayan asyik melemparkannya ketika sudah selesai dibuat  Pastikan apa yang tertulis dalam daftar adalah kegiatan yang dapat Anda selesaikan segera. 
 2. Termotivasilah Mainkan suatu permainan “Yang Terbaik & Yang Terburuk”. Apa saja yang mungkin terjadi jika Anda tidak menyelesaikan pekerjaan Anda. Bayangkan dalam pikiran Anda! Mimpikan itu! Kemudian, bayangkan, kemungkinan terburuk apakah yang akan Anda alami jika menunda pekerjaan? Lalu tanyakan pada diri sendiri, bagaimana rasanya jika Anda mengalami hal-hal buruk tersebut sebagai akibat dari menunda. 
 3. Tawarkan penghargaan Pada Diri Sendiri Ada rasa kepuasaan tersendiri ketika Anda memberi penghargaan pada diri sendiri. Tawarkan itu jika Anda berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan. 
 4. Ambil Tanggung Jawab Ceritakan pada seseorang, bahkan banyak orang, tentang apa yang sedang Anda kerjakan dan ingin selesaikan, betapa Anda sangat mendambakannya dan betapa pentingnya hal ini bagi Anda, dan lain-lain. Nah, dengan demikian, Anda akan terdorong untuk melakukan dan menuntaskan apa yang Anda telah katakan pada orang lain. Jika Anda gagal, orang lain akan mengetahuinya. 
 5. Lakukanlah untuk Tiga Menit Dibandingkan menonton sekilas berita, iklan, atau melamun, bukankah Anda bisa melakukan apapun yang berguna selama 3 menit? Dikemudian hari, lakukanlah 5 menit, kemudian 10, dan seterusnya. Tanpa sadar Anda mendapati diri Anda terbiasa melakukan sesuatu yang produktif setiap harinya. 
 6. Belajarlah untuk Suka Perubahan Dunia selalu berubah. Untuk bisa bertahan dan bahkan maju, Anda harus menciptakan perubahan terus menerus sebagai tindakan penyesuaian diri. Sekarang, alihkan pandangan Anda dari komputer untuk sejenak, ambil secarik kertas, tulis daftar akan apa yang harus Anda lakukan, dan … mulailah beraksi! 

Related Posts by Categories

0 komentar:

Posting Komentar

Share it

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More